Oleh: azmi5 | 1 Januari 2010

Ratna Sarumpaet: Gus Dur Pahlawan Budaya dan Reformasi

Rabu, 30 Desember 2009 23:37

Lihat Biografi Ratna Sarumpaet

Gus Dur

Kapanlagi.com – Seniman sekaligus aktivis Ratna Sarumpaet menilai bahwa Mantan Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai pahlawan budaya dan reformasi.

“Dibandingkan semua presiden yang pernah atau yang tengah memimpin Indonesia, Gus Dur yang paling menjunjung budaya dan demokrasi,” kata Ratna Sarumpaet di Jakarta, Rabu (30/12).

Ratna menjelaskan, Gus Dur merupakan panutan bagi sebagian besar rakyat Indonesia. “Saya benar-benar sedih, karena di saat bangsa kita tengah mengalami banyak permasalahan, kita kehilangan figur yang selama ini menjadi panutan,” katanya.

Ditambahkan oleh Ratna mantan ketua PBNU itu merupakan tokoh pemersatu bangsa dan sangat menghormati keberagaman warna kulit, agama maupun golongan. “Dia tokoh yang mau terjun langsung untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terkait dengan keberagaman agama, warna kulit maupun golongan,” katanya.

Dirinya meyakini masyarakat Indonesia tetap akan melanjutkan semangat Gus Dur untuk menjaga persatuan dan kesatuan tanpa membedakan dari warna kulit, agama maupun golongan. “Meskipun Gus Dur sudah meninggal dunia namun semangatnya menjaga demokrasi dan budaya tetap melekat di hati masyarakat,” katanya.

Nantinya, tambahnya, akan lahir figur-figur baru yang bisa menjaga semangat budaya dan demokrasi seperti yang dilakukan Gus Dur.

Gus Dur meninggal dunia di RSCM, Jakarta pada Rabu sekitar pukul 18.45 WIB. Jenazah almarhum disemayamkan sementara di rumah duka di Ciganjur, Jakarta Selatan dan akan dikebumikan secara kenegaraan Komplek Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Kamis (31/12).   (ant/dar)


Tinggalkan komentar

Kategori